SUSANTO, ARIS BUDI (2011) PRESTASI BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Bab I)
2._Halaman_Depen.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
PDF
7._BAB_V.pdf Download (19kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu;2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu;3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Colomadu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu sejumlah 280 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 155 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 51,467 + 0,346X1 + 0,226X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa koefisien regresi dari masing-masing variabel independen bernilai positif, artinya variabel Lingkungan Belajar dan Minat Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar siswa.Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 6,292 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 69,8 % dan sumbangan efektif 22,1%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,685 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 30,2 % dan sumbangan efektif 9,6%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dan minat belaar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 35,293 > 3,056 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,317 menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel Lingkungan Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa adalah sebesar 31,7% sedangkan 68,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Aug 2011 05:09 |
Last Modified: | 12 Aug 2011 05:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14040 |
Actions (login required)
View Item |