PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP SISWA SMP ( PTK di SMP N 2 BANYUDONO, BOYOLALI Tahun Ajaran 2010 / 2011 )

Andika S, Wahyu (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP SISWA SMP ( PTK di SMP N 2 BANYUDONO, BOYOLALI Tahun Ajaran 2010 / 2011 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peningkatan Kreatifitas belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan Creative Problem Solving, 2) Mendeskripsikan peningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan Creative Problem Solving. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII E SMPN 2 Banyudono yang berjumlah 36 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreatifitas dan prestasi belajar matematika dalam pembelajaran matematika khususnya pecahan. Hal ini dapat dilihat dari minat siswa dalam: 1) siswa yang antusias dalam mengikuti pembelajaran dari (27,8%) menjadi (55,6%), 2) memberikan tanggapan guru dan siswa lain dari (13,9%) menjadi (41,7%), 3) mengajukan pertanyaan dari (8,33%) menjadi (41,7%), 4) siswa berani memberikan ide atau gagasan dari (5,56%) meningkat menjadi (22,2%), 5) prestasi belajar matematika siswa ditandai dengan nilai siswa � 65 meningkat dari (55,6%) menjadi (88,9%) Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui penerapan pendekatan Creative Problem Solving dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreatifitas dan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bepikir-kreatif, prestasi-belajar, Creative Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 10:24
Last Modified: 10 Aug 2011 10:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14006

Actions (login required)

View Item View Item