PENGARUH POLA ASUH DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KEDAWUNG 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Wijanarko, Heru (2011) PENGARUH POLA ASUH DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KEDAWUNG 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika; 2) Mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika; 3) Mengetahui pengaruh pola asuh dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kedawung 2 sebanyak 26 orang siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 10,179 + 1,106X1 + 2,018X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh pola asuh dan tingkat pendidikan orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,953 > 2,069 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 35,63%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,513 > 2,069 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,019 dengan sumbangan efektif sebesar 15,27%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 11,928 > 3,422 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,509 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pola asuh dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika adalah sebesar 50,9%, sedangkan 49,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Tingkat Pendidikan, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 05:39
Last Modified: 10 Aug 2011 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13976

Actions (login required)

View Item View Item