EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TUTOR SEBAYA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (Pada Siswa Kelas VII SMP AL ISLAM 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011)

KUSUMAWATI, ARIE YULISKA (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TUTOR SEBAYA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (Pada Siswa Kelas VII SMP AL ISLAM 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada perbedaan efek antara model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya terhadap prestasi belajar matematika, perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya, perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan jumlah perlakuan sebanyak 2 yang dikelompokkan menjadi kelas eksperimen untuk model pembelajaran Jigsaw dan kelas eksperimen untuk model pembelajaran Tutor Sebaya. Dari hasil analisis dengan menggunakan anava satu jalan dengan sel sama harga Fhitung 4,164 sedangkan Ftabel 3,97 untuk taraf signifikansi 0,05 karena Fhitung > Ftabel sehingga Ho ditolak. Berarti ada perbedaan efek antara model terhadap pembelajaran yang digunakan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Dari uji Scheefe diperoleh Fhitung 4,164 sedangkan Ftabel 3,97 karena Fhitung > Ftabel sehingga Ho ditolak. Berarti ada perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya. Diperoleh rerata kelompok eksperimen 71,97 lebih besar dari kelompok kontrol 65,92 dan tingkat keaktifan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini berarti bahwa hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Jigsaw lebih tinggi atau lebih baik jika dibanding dengan hasil belajar matematika siswa yang diberi model pembelajaran Tutor Sebaya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran jigsaw, tutor sebaya, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 05:59
Last Modified: 26 Jul 2011 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13599

Actions (login required)

View Item View Item