BENTUK AKRONIM DAN KAJIAN FONOTAKTIK PADA IKLAN PRODUK SELULER DI INTERNET

ALFIYAH, NOFI (2011) BENTUK AKRONIM DAN KAJIAN FONOTAKTIK PADA IKLAN PRODUK SELULER DI INTERNET. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (429kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk-bentuk akronim bahasa Indonesia, memaparkan pola-pola fonotaktik pemakaian akronim bahasa Indonesia, mendeskripsikan keterkaitan kelas bentuk-bentuk akronim bahasa Indonesia, serta memaparkan keterkaitan antara bentuk akronim dengan perkembangan bahasa Indonesia pada iklan produk seluler. Objek dan data dalam penelitian ini berupa akronim yang terdapat pada iklan produk seluler. Sumber data pada peneltian ini dari internet dengan situs http://www.google.com, http://www.indosat.com, dan http://www.youtube.com. Teknik analisis datanya menggunakan metode kualitatif. Metode penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Penyajian hasil analisi data menggunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian ini menemukan tiga bentuk akronimpada iklan seluler yaitu yang berasal dari dua kata, tiga kata, dan empat kata. Pola fonotaktik suku katanya berupa V, VK, KV, KVK, KKV, dan KKVK. Akronim iklan seluler memiliki kesamaan kelas dengan kata-kata secara umum, diantaranya kata benda, kata kerja, kata sifat, dan lain-lain yang memiliki kesamaan dengan kelas kata benda, kata kerja, kata sifat, dan lain-lain. Adanya akronim pada ragam seluler dapat menjadikan kata-kata umum memiliki makna baru, ada kata yang semula memiliki satu makna menjadi dua makna, satu makna menjadi tiga makna, dua makna menjadi tiga makna, dua makna menjadi sembilan makna, tiga makna menjadi empat makna, empat makna menjadi lima makna, dan lima makna menjadi enam makna.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A310/2011-21
Uncontrolled Keywords: akronim, fonotaktik, seluler
Subjects: P Language and Literature > PB Modern European Languages
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Jul 2011 08:48
Last Modified: 25 Oct 2011 03:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13518

Actions (login required)

View Item View Item