PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN DENGAN STRATEGI PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN 01 CELEP KEDAWUNG SRAGEN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Susmartini , Adi (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN DENGAN STRATEGI PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN 01 CELEP KEDAWUNG SRAGEN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran utama yang dipelajari oleh siswa kelas IV SDN 01 Celep Kedawung Sragen. Daur hidup hewan merupakan salah satu pokok bahasan dari mata pelajaran IPA yang berisi materi mengenai daur hidup hewan yang cenderung berisi gambar-gambar dan penjelasannya mengenai urut-urutan siklus hidup hewan dari awal (telur) hingga akhir (dewasa) hingga ke awal lagi. Kenyataan menunjukkan hasil belajar belum memuaskan, minat dan motivasi siswa dalam belajar masih kurang. Berdasarkan karakteristik materi daur hidup hewan dan latar belakang masalah tersebut, penulis memilih menerapkan strategi Picture and Picture dalam pembelajaran karena strategi ini merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan peningkatan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan daur hidup hewan dengan strategi Picture and Picture di kelas IV SDN 01 Celep Kedawung Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data menggunakan data kepustakaan, metode tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data meliputi butir soal tes, pedoman observasi dan lembar hasil tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: (1) data kuantitatif dengan analisis deskriptif komparatif, dan (2) data kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: (1) hasil penilaian terhadap pengamatan, skor keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran siklus I adalah 6,0 (cukup), siklus II adalah 8,0 (baik), dan siklus III adalah 9,14 (sangat baik). (2) Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM berdasarkan hasil tes siswa dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I adalah 14 siswa (70%), siklus II sebanyak 18 siswa (90%) dan siklus III sebanyak 19 siswa (95%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi Picture and Picture dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan daur hidup hewan di kelas IV SDN 01 Celep Kedawung Sragen semester I tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-007
Uncontrolled Keywords: daur hidup hewan, strategi Picture and Picture
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2011 03:34
Last Modified: 04 May 2011 04:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11893

Actions (login required)

View Item View Item