PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK SUATU BENDA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORATORY DISCOVERY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 03 NGEPUNGSARI JATIPURO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HERNAWATI , NANA ANY (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK SUATU BENDA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORATORY DISCOVERY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 03 NGEPUNGSARI JATIPURO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan eksploratory discovery pada siswa kelas IV SDN 03 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 03 Ngepungsari yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, serta test. Sedangkan analisis data menggunakan model interaktif yang memiliki tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai siklus. Dalam bentuk ini peneliti tetap bergerak diantara empat komponen termasuk (proses pengumpulan data) selama proses pengumpulan data berlangsung. Kemudian setelah pengumpulan data peneliti bergerak diantara tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah 1. Nilai rata hasil belajar IPA siswa kelas IV semester 2 pada siklus I sebesar 68, pada siklus II sebesar 79 sehingga terdapat kenaikan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II; 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka 46,6% (7 siswa tuntas dalam belajarnya dari 15 siswa), pada siklus II sebesar 93,3% (14 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh 15 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan keterangan diatas maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan pendekatan eksploratory discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 03 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-013
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, eksploratory discovery
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 10:22
Last Modified: 04 May 2011 03:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11854

Actions (login required)

View Item View Item