ZUHRI , SAIFUDDIN (2009) PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN KREDIT DAN DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BMT TUMANG KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A210040070.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
||
|
PDF
A210040070.pdf Download (54kB) |
Abstract
PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN KREDIT DAN DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BMT TUMANG KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI Saefuddin Zuhri. A 210 040 070. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa pelayanan dan diversifikasi produk terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BMT Tumang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali yang berjumlah 1170 orang. Sampel diambil sebanyak 117 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan incendental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis memperoleh persamaan garis regresi: Y = 11,137 + 0,397.X1 + 0,271.X2. Artinya kepuasan nasabah dipengaruhi oleh jasa pelayanan kredit dan diversifikasi produk. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Jasa pelayanan kredit berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah BMT Tumang Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 > t tabel yaitu 8,726 > 1,980 diterima pada taraf signifkansi 5%. (2) Diversifikasi produk berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah BMT Tumang Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X2 > ttabel yaitu 5,794 > 1,980 diterima pada taraf signifkansi 5%. (3) Jasa pelayanan kredit dan iversifikasi produk secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah BMT Tumang Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 98,735 > 3,07 diterima pada taraf signifkansi 5%. (4) Hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai (R2) sebesar = 0,634 yang artinya jasa pelayanan kredit dan diversifikasi produk dapat meningkatkan kepuasan nasabah sebesar 63,4%, sedangkan 46,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya, tingkat suku bunga, promosi hadiah, dan lain- lain. (5) Perhitungan sumbangan relatif dan efektif menunjukkan bahwa variabel jasa pelayanan kredit memberikan sumbangan relatif sebesar 63,6% dan sumbangan efektif 40,3% terhadap kepuasan nasabah. Variabel diversifikasi produk memberikan sumbangan relatif sebesar 36,5% dan sumbangan efektif 23,1% terhadap kepuasan nasabah
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: kualitas jasa pelayanan, diversifikasi produk, kepuasan nasabah |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 12 Nov 2009 07:53 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 03:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4576 |
Actions (login required)
View Item |