INDAH PERMATA SARI, DEFFITA and -, Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum and -, Dr. Laili Etika Rahmawati (2022) Pembudayaan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Tematik Jenjang Pendidikan Dasar Di Giritontro. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI DEFFI .pdf Download (678kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran masa pandemi belum opimal, literasi menurun maka perlu pembudayaan literasi digital. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan plaksanaan pembudayaan literasi digital, mendiskripsikan kendala yang dihadapi, dan mendiskripsikan cara mengatasi kendala pembudayaan literasi digital. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, instrumen berupa pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data penelitian yakni analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembudayaan literasi digital dapat melalui kegiatan: 1) pembelajaran berbasis digital, 2)pengenalan penggunaan laptop, 3)edukasi pemanfaatan HP secara bijak. Pembudayaan literasi digital terdapat beberapa kendala yakni: kurangnya keterampilan digital, tidak tersedia akses jaringan internet, sarana prasarana belum mencukupi kebutuhan dan rendahnya minat baca siswa. Upaya yang dapat dilakukan guna mengatasi kendala tersebut 1) Pembuatan jadwal terstruktur kegiatan pembudayaan literasi, 2) Kegiatan dilakukan secara kolektif, 3) Peningkatan kompetensi guru melalui diklat, pelatihan bimtek maupun KKG, 4) Penganggaran pemeliharaan jaringan wifi.Jadi pembudayaan literasi digital dalam pembelajaran tematik di SD perlu ditingkatkan dari segi sarana prasarana, kompetensi pendidik dan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembudayaan, Literasi Digital, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | DEFFITA INDAH PERMATA SARI |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 02:30 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 02:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/104347 |
Actions (login required)
View Item |