ASTARI, SRI WAHYU DINI (2010) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MULTIMEDIA (Studi Situs SMP 6 Blora). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100080036.pdf Download (92kB) |
|
PDF
Q100080036.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran IPS berbasis multimedia di SMP 6 Blora. (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis multimedia di SMP 6 Blora dan (3) untuk mengidentifikasi evaluasi pembelajaran IPS berbasis multimedia di SMP 6 Blora. Penelitian ini dilakukan di SMP 6 Blora mulai awal Maret 2010 sampai dengan akhir Mei 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif melalui (1) observasi, (2) wawancara mendalam, dan (3) dokumentasi. Jenis penelitian ini memusatkan pada deskripsi data yang berupa kalimat-kalimat yang memiliki arti mendalam yang berasal dari informan dan perilaku yang diamati. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan yaitu (1) model analisis jalinan atau mengalir (flow model of analysis) dan (2) model analisis interaktif. Keabsahan data menggunakan (1) triangulasi sumber, (2) triangulasi teknik, dan (3) triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran IPS dilakukan oleh setiap guru IPS diawali dengan melakukan identifikasi mata pelajaran dan jumlah jam pelajaran. Berdasarkan identifikasi tersebut guru mengetahui permasalahan yang terkait dengan pelajaran yang akan direncanakan. Dengan mengidentifikasi permasalahan tersebut maka RPP IPS dapat disusun dengan mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di dalam kurikulum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak semua kompetensi dasar direncanakan dengan menggunakan pembelajaran multimedia. Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan multimedia disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan kemampuan guru, (2) di dalam pelaksanaan pembelajaran, tidak semua guru menggunakan multimedia karena ada beberapa guru yang belum memiliki kemampuan dalam penggunaan multimedia sebagai alat bantu pembelajaran. Penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPS hanya sebatas pada pengoperasian CD pembelajaran IPS serta presentasi berbasis power point dan (3) evaluasi telah dilakukan oleh guru sebelum dan sesudah proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa. Evaluasi proses yang dilakukan oleh guru dengan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar siswa, sedangkan evaluasi hasil dilakukan dengan ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester yang bersifat menyeluruh untuk mengetahui hasil belajar. Evaluasi hasil belajar yang dilakukan oleh guru digunakan sebagai dasar kenaikan kelas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, pembelajaran, multimedia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Jan 2011 04:49 |
Last Modified: | 06 Jan 2011 06:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9633 |
Actions (login required)
View Item |