Ayuningtyas, Diah (2010) HUBUNGAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN AKHLAK SISWA SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
G000070130.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
|
PDF
G000070130.pdf Download (975kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang hubungan pembelajaran Aqidah Akhlak dengan akhlak siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, yang secara khusus ditulis berdasarkan studi kasus pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Sedangkan permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimanakah hubungan pembelajaran Aqidah Akhlak dengan akhlak siswa dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh berbagai macam informasi mengenai pembelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dan ada tidaknya hubungan antara pembelajaran tersebut dengan akhlak siswa serta jika ada, seberapa besarkah hubungan tersebut. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi kasus/penelitian lapangan yaitu penyelidikan mendalam (indepth study) mengenai suatu unit sosial sehingga menghasilkan gambaran yang jelas dan lengkap mengenai unit sosial tersebut. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskrpsi Korelasional, dengan rumus Korelasi Product Moment untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara variabel yang diteliti dan apabila ada sejauh mana erat dan berartinya hubungan itu sehingga dapat diketahui secara jelas bagaimana sistem pembelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta serta hubungannya dengan akhlak siswa. Penelitian ini menunjukkan hasil akan tidak adanya hubungan dari pembelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dengan akhlak siswa. Hal ini disimpulkan dari hasil penghitungan antara varabel X (Pembelajaran Aqidah Akhlak) dengan variabel Y (Akhlak Siswa) yang hasilnya lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai yang terdapat pada Tabel Korelasi Product Moment. Setelah diketahui akan tidak adanya hubungan antara pembelajaran Aqidah Akhlak dengan akhlak siswa, maka untuk ke depannya sekolah bisa lebih sungguh-sungguh lagi dalam mengarahkan siswanya untuk berakhlakul karimah dengan lebih menjalin kerjasama dengan wali siswa, karena pembelajaran yang siswa dapatkan ketika di sekolah tidak berarti apa-apa tanpa adanya dukungan dari pihak keluarga siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aqidah Akhlak, siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 03 Dec 2010 09:45 |
Last Modified: | 03 Dec 2010 11:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9105 |
Actions (login required)
View Item |