STRATEGI INFORMATION SEARCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DALAM MATA PELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS X.I SMA BATIK I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

RACHMANTI, SISKA (2010) STRATEGI INFORMATION SEARCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DALAM MATA PELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS X.I SMA BATIK I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A220050037.pdf

Download (53kB)
[img] PDF
A220050037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa pada materi peraturan perundang-undangan dan modifikasi metode Information Search dengan metode lain. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.1 SMA Batik I Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Data ini dikumpulkan melalui tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran dan arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pokok berupa observasi dan dokumentasi, metode bantu berupa wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa kelas X.1 dalam memahami materi yaitu sebanyak 9 (30%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati dengan menerapkan metode Information Search pada pembelajaran diperoleh hasil pada siklus I meningkat menjadi 13 (43,33%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang direvisi pada siklus II diperoleh hasil jumlah siswa yang memiliki kemampuan dalam memahami materi meningkat menjadi 22 (73,33%) siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kolaborasi, siklus, tindakan, dan refleksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2010 09:43
Last Modified: 14 Nov 2010 13:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8808

Actions (login required)

View Item View Item