PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN“ORGANISASI KEHIDUPAN ” MENGGUNAKAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 3 REMBANG TAHUN AJARAN 2009/2010

ARDYARINI, WAHYU DINA (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN“ORGANISASI KEHIDUPAN ” MENGGUNAKAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 3 REMBANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060063.pdf

Download (22kB)
[img] PDF
A420060063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)

Abstract

Siswa kelas VIID SMP Negeri 3 Rembang dalam proses pembelajaran masih cenderung monoton dan masih berpusat pada guru, banyak siswa yang ramai pada saat pembelajaran berlangsung, siswa banyak yang pasif, menganggap biologi sebagai ilmu yang penuh dengan hafalan, metode maupun pendekatan yang digunakan yang kurang bervariasi. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan pendekatan crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa pokok bahasan organisasi kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi crossword puzzle pada siswa kelas VIID SMP N 3 Rembang tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi pokok bahasan organisasi kehidupan siswa kelas VIID SMP Negeri 3 Rembang sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata sebesar 5,7. Dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 6,3. Siklus II 6,7dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu sebesar 7,5. Menunjukkan setelah diberi materi dengan menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal. Untuk nilai aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 11,4 (siswa cukup berminat), siklus II sebesar 13,3 (siswa cukup berminat), siklus III sebesar 15,5 (siswa berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar biologi pokok bahasan organisasi kehidupan siswa kelas VIID SMP Negeri 3 Rembang tahun ajaran 2009/2010 pada aspek kognitif sebesar 0,65 point atau 65%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi crossword puzzle, hasil belajar biologi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 07:17
Last Modified: 14 Nov 2010 16:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8555

Actions (login required)

View Item View Item