UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA DENGAN PEMBE LAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) SISWA KELAS XI MAN 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010

Wahid, Muhammad Abdul (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA DENGAN PEMBE LAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) SISWA KELAS XI MAN 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060026.pdf

Download (52kB)
[img] PDF
A420060026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui apakah metode problem based instruction (PBI) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAN I Sragen. Siklus diawali tahap persiapan dan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah Kelas XI IA MAN I Sragen pada pokok bahasan sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan. Yang berjumlah 27 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif meliputi: Reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Data yang diperoleh dianalisis dengan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk data yang diperoleh dari tes kemampuan awal, tes siklus I, II, III dan data pengamatan dengan lembar penilaian afektif dianalisis secara kuantitatif dengan perhitungan standar deviasi (SD). Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa rata-rata nilai siklus I {ranah kognitif: 5,85 atau meningkat sebesar 0,92 dari nilai awal dengan SD 1,05; ranah afektif:27,33(termasuk kategori cukup berhasil) dengan SD 1,48}. Rata-rata nilai siklus II { ranah kognitif: 7,44 atau meningkat sebesar 0,67 dari nilai siklus I dengan SD 1,05; ranah afektif:36,07 (termasuk kategori berhasil) dengan SD 2,36}. Rata-rata nilai siklus III {ranah kognitif: 8,96 atau meningkat sebesar 1,52 dari siklus II denagn SD 0,82; ranah afektif:42,40 (termasuk kategori berhasil) dengan SD 1,22}. Berdasarkan dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan PBI melalui optimalisasi pengunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang terbukti adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan siswa kelas XI IA MAN I Sragen Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran problem based instruction (PBI), optimalisasi media, aktivitas dan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 02:18
Last Modified: 14 Nov 2010 16:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8537

Actions (login required)

View Item View Item