Ma'arif, Ahmad and , Dr. Arif Widodo, A.Kep., M.Kes (2020) Hubungan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Kesehatan Jiwa Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Dengan Gangguan Jiwa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI BARUU.pdf Download (717kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (945kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (121kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak Standar Pelayanan Minimal (SPM) adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan pemerintahan wajib yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal. Menurut UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (PEMDA), kesehatan adalah satu dari enam urusan bersama yang bersifat wajib dan terkait dengan pelayanan dasar.Pelaksanan standar pelayanan minimal kesehatan jiwa diharapkan dapat memberikan hasil berupa kepuasan bagi keluarga pasien selaku penerima layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan pencapaian standar pelayanan minimal kesehatan jiwa dengan kepuasan keluarga pasien dengan gangguan jiwa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain deskriptif analitik. Populasi penelitian adalah 57 anggota keluarga yang anggotanya keluarga terdapat pasien gangguan jiwa yang melakukan pengobatan rawat jalan di Puskesmas Sukoharjo. Dengan mengunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrument kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan uji korelasi spearman .Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan hasil alpha 0,0869 (>0,05) yang berati tidak ada hubungan pencapaian standar pelayanan minimal kesehatan jiwa dengan kepuasan keluarga penderita gangguan jiwa. Kata Kunci: Standar pelayanan kesehatan jiwa (SPM), Orang dengan gangguan jiwa, Kepuasan
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Standar pelayanan kesehatan jiwa (SPM), Orang dengan gangguan jiwa, Kepuasan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | AHMAD MA'ARIF |
Date Deposited: | 08 Jun 2020 02:11 |
Last Modified: | 09 Jun 2020 02:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/82803 |
Actions (login required)
View Item |