Hubungan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Kesehatan Jiwa Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Dengan Gangguan Jiwa

Ma'arif, Ahmad and , Dr. Arif Widodo, A.Kep., M.Kes (2020) Hubungan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Kesehatan Jiwa Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Dengan Gangguan Jiwa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI BARUU.pdf

Download (717kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (945kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Standar Pelayanan Minimal (SPM) adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan pemerintahan wajib yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal. Menurut UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (PEMDA), kesehatan adalah satu dari enam urusan bersama yang bersifat wajib dan terkait dengan pelayanan dasar.Pelaksanan standar pelayanan minimal kesehatan jiwa diharapkan dapat memberikan hasil berupa kepuasan bagi keluarga pasien selaku penerima layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan pencapaian standar pelayanan minimal kesehatan jiwa dengan kepuasan keluarga pasien dengan gangguan jiwa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain deskriptif analitik. Populasi penelitian adalah 57 anggota keluarga yang anggotanya keluarga terdapat pasien gangguan jiwa yang melakukan pengobatan rawat jalan di Puskesmas Sukoharjo. Dengan mengunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrument kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan uji korelasi spearman .Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan hasil alpha 0,0869 (>0,05) yang berati tidak ada hubungan pencapaian standar pelayanan minimal kesehatan jiwa dengan kepuasan keluarga penderita gangguan jiwa. Kata Kunci: Standar pelayanan kesehatan jiwa (SPM), Orang dengan gangguan jiwa, Kepuasan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Standar pelayanan kesehatan jiwa (SPM), Orang dengan gangguan jiwa, Kepuasan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: AHMAD MA'ARIF
Date Deposited: 08 Jun 2020 02:11
Last Modified: 09 Jun 2020 02:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/82803

Actions (login required)

View Item View Item