UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (think, pair, share) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009

MUSTHOFA, ZAINAL (2009) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (think, pair, share) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420050081.pdf

Download (55kB)
[img] PDF
A420050081.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

TPS (Think, Pair, Share) adalah model pembelajaran yang menuntut setiap siswa untuk memahami suatu materi pelajaran atau konsep, melalui proses berfikir dan berbagi dengan temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran kooperatif model TPS (Think, Pair, Share) pada siswa kelas VII-B semester II SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah metode alur yang dilalui dalam analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I {ranah kognitif: 6,34 atau meningkat sebesar 0,61 dari nilai awal,ranah afektif: 23,95 (termasuk kategori kurang berminat)}. Rata-rata hasil belajar pada siklus II {ranah kognitif:8,47 atau meningkat sebesar 2,13 dari siklus I, ranah afektif 45,34 (termasuk kateri berminat) atau meningkat sebesar 21,39 dari saiklus I } Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think, Pair, Share) pada materi pokok kepadatan populasi manusia hubunganya dengan lingkungan dan dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII-B semester II SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2008/2009

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, pembelajaran kooperatif, TPS (Think, Pair, Share)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2010 04:02
Last Modified: 02 May 2011 09:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8196

Actions (login required)

View Item View Item