Saputro, Meda Aji and , Marwan Effendy S.T, M.T, Ph.D (2020) Studi Eksperimen dan Numerik Karakteristik Aerodinamika di Sekitar Mobil Listrik Prototype “Ababil Proto & Ababil Evo 2”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah SUrakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (730kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (733kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I .pdf Download (237kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi desain sebelum dan sesudah terjadi perubahan desain terhadap rancangan mobil listrik Prototype “Ababil Proto” terhadap karateristik pola aliran serta nilai gaya hambat yang mana dalam perubahan desain tersebut disebut dengan “Ababil Evo 2”. Spesimen pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mobil “Ababil Proto dan Ababil Evo 2”. Dua parameter yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah Coefficient Drag (Cd) dan menganalisa karakteristik aliran fluida yang terjadi di sekitar mobil. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan perangkat lunak Solidworks 2019 untuk permodelan tiga dimensi, Computational Fluid Dynamics (CFD) Ansys Fluent 16.0 untuk simulasinya dan melakukan pengujian secara langsung di wind tunnel. Penelitian dilakukan pada variasi empat kecepatan aliran fluida yaitu sebesar 5,10,15,20 m/s. Dari hasil pengujian langsung di wind tunnel yang dilakukan pada kedua jenis mobil tersebut pada kecepatan 5,10,15,20 m/s Dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Mobil “Ababil Proto” yang bisa dikatakan lebih aerodinamis dari mobil “Ababil EVO 2” bila dilihat dari kontur tekanan dan turbulance serta menghasilkan aliran wake yang cukup tinggi pada sudut bodi bagian belakang mobil “Ababil EVO 2”. Sangat disarankan adanya modifikasi ulang pada mobil tersebut untuk generasi berikutnya agar mendapatkan coefficient drag yang optimal, sehingga konsumsi energi yang dikeluarkan oleh mobil ini dapat ditekan. This study aims to evaluate the before and after the design changes to the design of the electric car "Ababil Proto" prototype on the characteristics of flow patterns and the value of the drag which in the design change is called "Ababil Evo 2". The test specimens used in this study were cars "Ababil Proto and Ababil Evo 2". The two parameters that are the focus of this research are Coefficient Drag (Cd) and analyze the characteristics of fluid flow that occurs around the car. The research method used in this study is to use Solidworks 2019 software for three-dimensional modeling, Ansys Fluent 16.0 Computational Fluid Dynamics (CFD) for simulation and conduct testing directly in the wind tunnel. The study was conducted on a variation of four speeds of fluid flow that is equal to 5,10,15,20 m / s. From the results of direct testing in wind tunnels carried out on both types of cars at speeds of 5,10,15,20 m / s From the data it can be concluded that the "Ababil Proto" Car was the one that could be said to be more aerodynamic than the car "Ababil EVO 2 "when viewed from the pressure contour and turbulence and produces a fairly high wake flow at the rear body corner of the car" Ababil EVO 2 ". It is strongly recommended that there be a re-modification of the car for the next generation to obtain an optimal drag coefficient so that the energy consumption released by this car can be reduced.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aerodinamika, Computational Fluid Dynamics (CFD), Car body, Drag coefficient, flow pattern, rear body angle |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | MEDA AJI SAPUTRO |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 03:49 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 02:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/79616 |
Actions (login required)
View Item |