SARI , OCTAVIA AYU PERMATA (2010) PENGARUH PENGGUNAAN ACTIVE LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A220050030.pdf Download (70kB) |
|
PDF
A220050030.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
|
PDF
A220050030.pdf Download (70kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) penggunaan Active Learning pada Mata Pelajaran PKn siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010. 2) motivasi Belajar pada mata pelajaran PKn Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajran 2009/2010, 3) Prestasi Belajar pada mata pelajaran PKn Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010, dan 4) ada tidaknya pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari penggunaan Active Learning dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajran PKn Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010. Permasalahan yang muncul adalah adakah pengaruh penggunaan Active learning dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010. Dalam penelitian ini populasinya sebanyak 277 siswa. Dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 40 siswa yang diambil dengan menerapkan teknik pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu “Quota Purposive Propotional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda dan dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: “Adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan active learning dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura tahun ajaran 2009/2010” dengan nilai Freg sebesar = 3,368, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan derajat bebas m dan N-m-1 atau 2;37 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,25. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 3,37 > 3,25. Variabel penggunaan active learning memberikan sumbangan relatif sebesar 22,3% sedangkan variabel motivasi belajar terbukti memberikan sumbangan relatif sebesar 77,8% terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura tahun ajaran 2009/2010. Sehingga nampak bahwa variabel motivasi belajar mata pelajaran PKn memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel penggunaan active learning. Dengan adanya motivasi belajar yang tinggi maka siswa akan terdorong untuk lebih aktif dalam belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan active learning, motivasi belajar dan prestasi belajar PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 14 Jun 2010 07:03 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 06:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7422 |
Actions (login required)
View Item |