Kurniawan,, Taufiq Dedy (2008) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A220040002.pdf Download (116kB) |
|
PDF
A220040002.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 241 siswa, dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 36 siswa dengan prosedur pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu ” Quota Purposive Area Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai metode pokok dan wawancara sebagai metode bantu. Angket digunakan untuk mengumpulkan data persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar, sedang dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar PKn pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008. Metode wawancara digunakan untuk konfirmasi data. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus : ............. Hasil analisis regresi diperoleh Freg sebesar = 8,534, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db m lawan N-m-1 atau 2 lawan 37 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,26. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 8,534 > 3,26Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang berarti (signifikan) dari pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008, terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Variabel persepsi siswa mengenai kepribadian guru memberikan sumbangan relatif sebesar 51,54% dan sumbangan efektif 17,57%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 48,46% dan sumbangan efektif 16,52%. Sehingga nampak bahwa variabel persepsi siswa mengenai kepribadian guru memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel motivasi belajar, dengan demikian semakin tinggi intensitas persepsi siswa mengenai kepribadian guru dapat dipastikan memberikan pengaruh pada peningkatan prestasi belajar PKn pada siswa yang bersangkutan. Dari perhitungan di atas ada faktor lain sebesar 65,9% (100%-34,1%) yang mempengaruhi prestasi belajar pada siswa, misalnya pola belajar, fasilias belajar, kedisiplinan dalam belajar, perhatian orang tua, tingkat kecerdasan siswa,dan lingkungan tempat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu dilakukan suatu usaha untuk meningkatkan persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepribadian guru, motivasi belajar, prestasi belajar PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Dec 2008 04:47 |
Last Modified: | 12 Dec 2014 12:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/741 |
Actions (login required)
View Item |