Rahmawati, Fatimah and , Dra Nining Setyaningsih M.Si (2019) Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Numbered Head Together (NHT) (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Teras Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
naspub revisi.pdf Download (441kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan revisi.pdf Download (423kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I revisi.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II revisi 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Permyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran siswa terhadap materi lingkaran dengan pendekatan RME berbasis NHT pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Teras. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII B SMP N 3 Teras yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki, 17 siswa perempuan dan guru matematika kelas VIII B. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran siswa dari sebelum tindakan sampai tindakan selesai dilakukan. Hal ini dapat dilihat pada indikator – indikator penalaran siswa sebagai berikut: 1) mampu menyajikan pernyataan matematika secara tertulis dan gambar dari 8 siswa (23.3%) meningkat menjadi 24 siswa (78.125%). 2) Siswa mampu melakukan manipulasi matematika dari 10 siswa (30%) meningkat menjadi 21 siswa (87.5%). 3) Siswa mampu memeriksa kesahihan suatu argumen dari 7 siswa (26.6%) meningkat menjadi 18 siswa (62.5%). 4) Siswa mampu menarik kesimpulan dari pernyataan dari 5 siswa (16.6%) meningkat menjadi 15 siswa (53.125%). Kata Kunci: penalaran matematis, RME, NHT
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penalaran matematis, RME, NHT |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FATIMAH RAHMAWATI |
Date Deposited: | 16 May 2019 01:19 |
Last Modified: | 16 May 2019 01:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/73048 |
Actions (login required)
View Item |