PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN THINK PAIRS SHARE (TPS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP NEGERI 5 SRAGEN )

PERMATA, DIAN KRISTIANA (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN THINK PAIRS SHARE (TPS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP NEGERI 5 SRAGEN ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060023.PDF

Download (76kB)
[img] PDF
A410060023.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) serta meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Sragen yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Hal ini dapat dilihat dari: 1) kemampuan mengkonstruksikan soal ke dalam model matematika sebelum diadakan tindakan sebesar 22,5 %, pada putaran I sebesar 27,5%, putaran II sebesar 42,5%, di akhir putaran mencapai 55,26 %, 2) kemampuan siswa menggunakan metode dari konsep SPLDV dengan tepat dalam menyelesaikan suatu permasalahan sebelum adanya tindakan sebesar 17,5 %, pada putaran I sebesar 22,5 %, pada putaran II sebesar 40 %, di akhir putaran mencapai 50 %, 3) kemampuan siswa dalam melakukan proses perhitungan dengan benar sebelum tindakan sebesar 15 % pada putaran I sebesar 25 %, pada putaran II sebesar 40 %, di akhir putaran mencapai 57,89 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 25 %, sedangkan sesudah dilakukan tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 67,5 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Pembelajaran, Think Pairs Share (TPS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 07:08
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7229

Actions (login required)

View Item View Item