Pendidikan Progresif Dalam Islam :(Studi Komparatif Tujuan Pendidikan KH. Ahmad Dahlan Dan Muhammad Iqbal)

Rahayuni, Putri Ayu and -, Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd (2019) Pendidikan Progresif Dalam Islam :(Studi Komparatif Tujuan Pendidikan KH. Ahmad Dahlan Dan Muhammad Iqbal). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (925kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PULIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa tujuan pendidikan memiliki peran paling utama dalam pendidikan. Tujuan pendidikan merupakan arah penentu dalam keberhasilan pendidikan. Dengan adanya tujuan pendidikan maka persoalan-persoalan yang muncul akan mudah untuk terselesaikan. Karena tujuan pendidikan merupakan arah yang menentukan mau dibawa kemanakah pendidikan dan anak didik akan berlabuh. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tujuan pendidikan menurut KH. Ahmad Dahlan dan Muhammad Iqbal dalam perspektif teori pendidikan perogresif. 2) Bagaimana komparasi tujuan pendidikan menurut KH. Ahmad Dahlan dan Muhammad Iqbal dalam perspektif teori pendidikan progresif. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) Untuk mendeskripsikan tujuan pendidikan menurut KH. Ahmad Dahlan dan Muhammad Iqbal dalam perspektif teori pendidikan progresif. 2) Untuk mengkomparasi titik-titik persamaan dan titik-titik perbedaan tujuan pendidikan KH. Ahmad Dahlan dan Muhammad Iqbal dalam perspektif teori pendidikan progresif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan yaitu merujuk pada sumber primer dan skunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi buku. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif komparatif. Pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan Historis dan filosofis. Kesimpulan hasil dari penelitian ini, diantaranya adalah: 1) Tujuan pendidikan KH. Ahmad Dahlan adalah membentuk manusia yang memiliki budi pekerti luhur yaitu alim dalam ilmu agama dan ilmu umum, sehingga memiliki pandangan dan wawasan luas serta mau berjuang dalam masyarakat. sedangkan tujuan pendidikan Muhammad Iqbal adalah mencetak generasi insan kamil atau manusia ideal yang nantinya dapat memberikan perubahan dan dapat memecahkan berbagai persoalan yang ada dalam masyarakat. 2) Persamaan tujuan pendidikan KH. Ahmad Dahlan dan Muhammad Iqbal adalah pada aspek latar belakang rumusan tujuan pendidikan, tujuan pendidikan dan corak tujuan pendidikan. Sedangkan perbedaannya terdapat pada aspek latar belakang pendidikan,landasan dasar tujuan pendidikan dan warisan intelektual.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Progressive Education, Educational Objectives, KH. Ahmad Dahlan, Muhammad Iqbal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: PUTRI AYU RAHAYUNI
Date Deposited: 16 Jan 2019 04:17
Last Modified: 16 Jan 2019 04:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/69621

Actions (login required)

View Item View Item