IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SURAKARTA II

SYAMMUJI , SYAMMUJI (2005) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SURAKARTA II. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100030107.pdf

Download (83kB)
[img] PDF
Q100030107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)

Abstract

Manajemen berbasis sekolah merupakan usaha untuk menumbuhkan pendidikan dari bawah, yakni berakar dari masyarakat, atas inisiatif masyarakat, dikelola masyarakat dan untuk kepentingan masyarakat. Dengan adanya manajemen berbasis sekolah ini memberikan kewenangan sekolah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Penelitian ini ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara umum tentang pelaksanaan peningkatan manajemen mutu berbasis sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri II, melalui kesiapan input pendidikan, transparansi manajemen sekolah, baik program maupun dana, dampak program MPMBS serta kendala-kendala dan upaya peningkatan program MPMBS pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta. Sebagai kesimpulan diperoleh hasil bahwa : Tingkat kesiapan warga Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta II dalam melaksanakan program MPMBS didapatkan hasil rata-rata prosentase sebesar 64.1%. Transparansi manajemen sekolah melalui : Aspek keterbukaan manajemen sekolah dengan dibentuknya Komite Madrasah dan sosialisasi kepada dewan guru. Aspek kerjasama dengan fihak ketiga, dalam hal ini partisipasi masyarakat diperoleh hasil sebesar 59.2%. Pengembangan madrasah telah diusahakan berdasarkan kemampuan namun belum sepenuhnya mengingat masih ada beberapa pemenuhan kebutuhan fisik yang masih dibantu oleh pemerintah. Dampak program MPMBS, yaitu : ada peningkatan secara rata-rata 15% animo masyarakat yang menyekolahkan putra dan putrinya ke Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta II. Kendala-kendala : keterbatasan sarana dan prasarana disebabkan karena : dana, minimnya subsidi pemerintah. Sumber Daya Manusia, skill guru masih terbatas, terlihat dari minat guru untuk mendalami tehnologi ini masih sangat minim. Proporsional dan profesional guru belum mencapai standar yang semestinya, masih banyak Bapak/Ibu guru yang mengajar kurang relevan dengan sertifikasi yang dimiliki. Rata-rata ketercapaian dari pada pelaksanaan MPMBS di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta II diperoleh angka sebesar 61.65%, dengan demikian termasuk kategori CUKUP.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen Berbasis Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 04 May 2010 05:36
Last Modified: 15 Nov 2010 10:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6770

Actions (login required)

View Item View Item