Afriadi, Afriadi (2009) KARAKTERISTIK DAN REDESAIN PARKIR ( Studi Kasus Pada Areal Parkir Kampus II Universitas Muhammadiyah Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
D100030054.pdf Download (113kB) |
|
PDF
D100030054.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Semakin meningkatnya jumlah mahasiswa dan karyawan Universitas Muhammadiyah (UMS) yang menggunakan kendaraan pribadi baik itu sepeda motor maupun mobil menuntut diperlukannya ruang parkir yang lebih luas untuk dapat menampung kendaraan-kendaraan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, luas kebutuhan areal parkir, apakah areal parkir Kampus II UMS sudah perlu dlakukannya suatu redesain. Pengumpulan data dilakukan dengan survai langsung di lapangan yaitu mencatat pola parkir, luas areal parkir, dan kondisi lingkungan, waktu masuk dan keluar, lama kendaraan parkir, dan plat nomor kendaraan masuk dan keluar dilakukan selama tiga hari, yaitu hari Senin 30 Maret 2009, Selasa 31 maret 2009, dan Kamis 02 April 2009 dari pukul 06.30-18.00 WIB. Hasil analisia data dan karakteristik parkir Kampus II UMS yaitu akumulasi maksimum harian parkir untuk sepeda motor Fakultas Ekonomi tertinggi 920 kendaraan terjadi hari Kamis, 02 April 2009 pukul 10.10-10.20 WIB, sepeda motor Fakultas Teknik tertinggi 1262 kendaraan terjadi hari Selasa, 31 Maret 2009 pukul 10.10-10.20 WIB, dan untuk mobil 71 kendaraan terjadi hari Selasa, 31Maret 2009 pukul 09.50-10.00 WIB. Rata-rata volume parkir sepeda motor Fakultas Ekonomi 211,33 kendaraan/11 jam, sepeda motor Fakultas Teknik 3629,33 kendaraan/11 jam, dan untuk mobil 205 kendaraan/11 jam. Rata-rata durasi parkir harian tertinggi untuk sepeda motor Fakultas Ekonomi tertinggi 123,480 menit terjadi hari Senin, 30 Maret 2009, sepeda motor Fakultas Teknik adalah 117,659 menit terjadi hari Kamis, 02 April 2009, dan untuk mobil 109,819 menit terjadi hari Selasa, 31 Maret 2009. indeks parkir maksimum sepeda motor Fakultas Ekonomi 181,82 % terjadi hari Kamis, 02 April2009 pukul 10.10-10.20WIB, untuk sepeda motor Fakultas Teknik 93,20 % terjadi hari Selasa, 31 Maret 2009 pukul 10.10-10.20 WIB, dan untuk mobil 52,21 % terjadi hari Selasa, 31 Maret 2009 pukul 09.50-10.00 WIB. Tingkat Turnover parkir Fakultas Ekonomi tertingi 4,38 terjadi hari Selasa, 31 Maret 2009, sepeda motor Fakultas Teknik 2,69 terjadi hari Selasa, 31 Maret 2009, dan untuk mobil 1,68 terjadi hari Selasa, 31 Maret 2009. Kebutuhan ruang parkir untuk sepeda motor Fakultas Ekonomi adalah 953 SRP dengan luas areal parkir 2001 m2 dan luas areal parkir tersedia 3095 m2, sehingga luas areal parkir sudah memenuhi standar, untuk sepeda motor Fakultas Teknik adalah 2332 SRP dengan luas areal parkir 4897,20 m2 dan luas areal parkir tersedia 4744,78 m2, sehingga luas areal parkir belum memenuhi standar., dan untuk mobil (off street parking) adalah 63 SRP dengan luas areal parkir 862,60 m2 dan luas areal parkir tersedia 4844,44 m2, sehingga luas areal parkir memenuhi standar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisa, kebutuhan ruang parkir, redesain |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 25 Feb 2010 08:00 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 06:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6560 |
Actions (login required)
View Item |