Minarni, Minarni and , Dr. Sri Lestari, S.Psi.,M.Si., (2017) Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Membolos Pada Siswa SMK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
|
PDF (PUBLIKASI ILMIAH)
naskah publikasi.pdf Download (703kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
cover-abstrak-daftar isi.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) | Request a copy |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
Abstract
Sebagaimana diketahui fenomena membolos dikalangan pelajar tidaklah mudah untuk diatasi. Kasus yang terjadi dalam penelitian ini adalah perilaku membolos pada siswa di SMK Negeri 1 Miri, Sragen.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perilaku membolos pada siswa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan utama penelitian sebanyak 4 siswa, 1 siswa kelas X Jurusan Animasi, 2 siswa kelas X Tehnik Pengelasan dan 1 siswa kelas XI Jurusan Multimedia. Sedangkan informan pendukung 4 teman dekat siswa, 3 guru/wali kelas dan 3 orangtua siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara. Prosedur analisa data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada lima faktor penyebab perilaku membolos, yaitu lingkungan sekolah, sekolah, personal, keluarga dan teman. Faktor teman merupakan faktor yang paling berpengaruh terjadinya perilaku membolos dibandingkan faktor lainnya. Kesimpulan penelitian sekolah harus lebih menekankan pada pendidikan karakter. Ada kerja sama dengan masyarakat setempat. Implikasi dari penelitian ini bahwa untuk para peneliti selanjutnya perilaku membolos dapat diminimalkan atau dicegah dengan memberikan intervensi kepada siswa khususnya berkaitan dengan faktor-faktor yang menjadi penyebab perilaku membolos tersebut yaitu, lingkungan sekolah, sekolah, personal, keluarga dan teman.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Skipping behaviour, perilaku membolos |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | MINARNI |
Date Deposited: | 10 Feb 2018 10:03 |
Last Modified: | 10 Feb 2018 10:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/60281 |
Actions (login required)
View Item |