Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Membolos Pada Siswa SMK

Minarni, Minarni and , Dr. Sri Lestari, S.Psi.,M.Si., (2017) Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Membolos Pada Siswa SMK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[img] PDF (PUBLIKASI ILMIAH)
naskah publikasi.pdf

Download (703kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
cover-abstrak-daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Sebagaimana diketahui fenomena membolos dikalangan pelajar tidaklah mudah untuk diatasi. Kasus yang terjadi dalam penelitian ini adalah perilaku membolos pada siswa di SMK Negeri 1 Miri, Sragen.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perilaku membolos pada siswa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan utama penelitian sebanyak 4 siswa, 1 siswa kelas X Jurusan Animasi, 2 siswa kelas X Tehnik Pengelasan dan 1 siswa kelas XI Jurusan Multimedia. Sedangkan informan pendukung 4 teman dekat siswa, 3 guru/wali kelas dan 3 orangtua siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara. Prosedur analisa data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada lima faktor penyebab perilaku membolos, yaitu lingkungan sekolah, sekolah, personal, keluarga dan teman. Faktor teman merupakan faktor yang paling berpengaruh terjadinya perilaku membolos dibandingkan faktor lainnya. Kesimpulan penelitian sekolah harus lebih menekankan pada pendidikan karakter. Ada kerja sama dengan masyarakat setempat. Implikasi dari penelitian ini bahwa untuk para peneliti selanjutnya perilaku membolos dapat diminimalkan atau dicegah dengan memberikan intervensi kepada siswa khususnya berkaitan dengan faktor-faktor yang menjadi penyebab perilaku membolos tersebut yaitu, lingkungan sekolah, sekolah, personal, keluarga dan teman.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Skipping behaviour, perilaku membolos
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: MINARNI
Date Deposited: 10 Feb 2018 10:03
Last Modified: 10 Feb 2018 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/60281

Actions (login required)

View Item View Item