Wakhidah, Anisa Nur and , Dr. Faizah Betty Rahayuningsih, A., S.Kep., M.Kes. (2018) Hubungan Kualitas Pelayanan Laboratorium dengan Kepuasan Mahasiswa Jurusan Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (HAMALAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN SKRIPSI.pdf Download (415kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (170kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) | Request a copy |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) | Request a copy |
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf Download (349kB) |
|
PDF (Pernyataan)
pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
Abstract
Tingginya keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bekualitas dari tenaga kesehatan yang professional, menuntut perguruan tinggi untuk mempersiapkan mahasiswanya supaya mempunyai bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang cukup saat memberikan pelayanan kesehatan secara langsung kepada masyarakat, baik itu di rumah sakit maupun di komunitas. Laboratorium, sebagai ujung tombak pembelajaran praktik keperawatan diharapkan menjadi tempat yang ideal untuk mempraktekkan teori sebelum mahasiswa menangani pasien secara langsung. Namun, menurut pengamatan tim Standard Operasional Precedures (SOP), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menunjukkan bahwa kualitas laboratorium di Perguruan Tinggi belum optimal. Salah satu upaya yang sedang dilakukan agar pelayanan laboratorium dapat mencapai sasaran yaitu dengan mengoptimalkan layanan laboratorium yang menerapkan kaidah menejemen kualitas pelayanan kepada mahasiswa. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada mahasiswa jurusan keperawatan, sebanyak 6 dari 10 mahasiswa menyatakan pelayanan laboratorium sudah cukup baik dan 4 orang mahasiswa menyatakan baik. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti apakah ada hubungan antara pelayanan laboratorium dengan kepuasan mahasiswa Jurusan Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian correlational. Rancangan penelitian ini adalah cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester VII yang aktif mengikuti perkuliahan di laboratorium. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling dan didapatkan sejumlah 96 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan angket. Uji statistik menggunakan uji Spearman dengan nilai sig (p- value) 0,014 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan adanya korelasi yang bermakna antara variabel yang di uji yaitu kualitas pelayanan laboratoium dengan kepuasan mahasiswa. Petingnya upaya agar pelayanan laboratorium dapat mencapai sasaran yaitu dengan mengoptimalkan layanan laboratorium kepada mahasiswa. Pelayanan harus memperhatikan dan menerapkan kaidah manajemen kualitas pelayanan. Hal ini juga penting untuk diketahui oleh institusi lain untuk mengidentifikasi sejauh mana mahasiswa merasa puas dengan fasilitas dan layanan yang diberikan oleh laboratoriumnyasehingga dapat dilakukan perubahan dan perbaikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa, laboratorium |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | ANISA NUR WAKHIDAH |
Date Deposited: | 08 Feb 2018 01:37 |
Last Modified: | 08 Feb 2018 01:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/59319 |
Actions (login required)
View Item |