ASTUTTI, ERLIDA (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EARLY WARNING SYSTEM BENCANA BANJIR UNTUK KESIAPSIAGAAN SISWA SMP NEGERI 2 KLATEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (711kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (854kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
Abstract
Erlida Astuti / A610130029. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EARLY WARNING SYSTEM BENCANA BANJIR UNTUK KESIAPSIAGAAN SISWA SMP NEGERI 2 KLATEN. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Agustus, 2017. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu, mengembangkan media pembelajaran terkait peringatan dini untuk kesiapsiagaan bencana banjir dengan membuat alat sederhana pendeteksi ketinggian debit air sungai dan meningkatkan pengetahuan peserta didik terhadap kesiapsiagaan bencana banjir dengan menggunakan alat pendeteksi ketinggian air sungai tersebut. Penelitian ini adalah penelitian (Research & Development) yang dilakukan di SMP Negeri 2 Klaten kelas VIII yang mengikuti ekstrakurikuler Sekolah Siaga Bencana yang berjumlah 30 siswa. Desain eksperimen One group pretest-postest dan menggunakan strategi NHT (Numbered Head Together) digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media ajar yang digunakan peneliti. Teknik pengambilan data mengunakan, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media ajar EWS (Early Warning System) sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Media ajar yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli dan di uji coba kepada siswa dan guru. Hasil eksperimen diuji menggunakan paired sample t Test dengan hasil tabulasi nilai prestes 24% dan meningkat setelah postes 59%. Peningkatan hasil belajar siswa memiliki selisih rata-rata 35% yang menunjukan media ajar yang dikembangkan peneliti dengan mengunakan strategi NHT (Numbered Head Together) efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, media ajar EWS bencana banjir |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ERLINDA ASTUTI |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 08:48 |
Last Modified: | 15 Aug 2017 08:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/55621 |
Actions (login required)
View Item |