PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EARLY WARNING SYSTEM BENCANA BANJIR UNTUK KESIAPSIAGAAN SISWA SMP NEGERI 2 KLATEN

ASTUTTI, ERLIDA (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EARLY WARNING SYSTEM BENCANA BANJIR UNTUK KESIAPSIAGAAN SISWA SMP NEGERI 2 KLATEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (711kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (854kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)

Abstract

Erlida Astuti / A610130029. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EARLY WARNING SYSTEM BENCANA BANJIR UNTUK KESIAPSIAGAAN SISWA SMP NEGERI 2 KLATEN. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Agustus, 2017. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu, mengembangkan media pembelajaran terkait peringatan dini untuk kesiapsiagaan bencana banjir dengan membuat alat sederhana pendeteksi ketinggian debit air sungai dan meningkatkan pengetahuan peserta didik terhadap kesiapsiagaan bencana banjir dengan menggunakan alat pendeteksi ketinggian air sungai tersebut. Penelitian ini adalah penelitian (Research & Development) yang dilakukan di SMP Negeri 2 Klaten kelas VIII yang mengikuti ekstrakurikuler Sekolah Siaga Bencana yang berjumlah 30 siswa. Desain eksperimen One group pretest-postest dan menggunakan strategi NHT (Numbered Head Together) digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media ajar yang digunakan peneliti. Teknik pengambilan data mengunakan, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media ajar EWS (Early Warning System) sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Media ajar yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli dan di uji coba kepada siswa dan guru. Hasil eksperimen diuji menggunakan paired sample t Test dengan hasil tabulasi nilai prestes 24% dan meningkat setelah postes 59%. Peningkatan hasil belajar siswa memiliki selisih rata-rata 35% yang menunjukan media ajar yang dikembangkan peneliti dengan mengunakan strategi NHT (Numbered Head Together) efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media ajar EWS bencana banjir
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ERLINDA ASTUTI
Date Deposited: 15 Aug 2017 08:48
Last Modified: 15 Aug 2017 08:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/55621

Actions (login required)

View Item View Item