RAHMAWATI, ANITA (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri I Tulung Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050026.pdf Download (93kB) |
|
PDF
A410050026.pdf Restricted to Repository staff only Download (900kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Penerima tindakan adalah kelas VII C SMP Negeri 1 Tulung yang berjumlah 40 siswa. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti sedangkan guru matematika dan kepala sekolah bertindak sebagai mitra pelaksana proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan review. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan keliling dan luas segi empat melalui pemberian latihan terkontrol dengan metode course review horay. Peningkatan prestasi belajar meliputi pemahaman konsep sebelum tindakan 3 siswa (7,50%) dan setelah tindakan menjadi 31 siswa (77,50%), kreativitas dalam memanipulasi soal sebelum tindakan 2 siswa (5,00%) dan setelah tindakan menjadi 30 siswa (70,00%), sedangkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sebelum tindakan 5 siswa (12,50%) dan setelah tindakan menjadi 35 siswa (87,50%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Pemahaman, Matematika, Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 06 Nov 2009 08:40 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 04:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4540 |
Actions (login required)
View Item |