PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri I Tulung Klaten)

RAHMAWATI, ANITA (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri I Tulung Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050026.pdf

Download (93kB)
[img] PDF
A410050026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Penerima tindakan adalah kelas VII C SMP Negeri 1 Tulung yang berjumlah 40 siswa. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti sedangkan guru matematika dan kepala sekolah bertindak sebagai mitra pelaksana proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan review. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan keliling dan luas segi empat melalui pemberian latihan terkontrol dengan metode course review horay. Peningkatan prestasi belajar meliputi pemahaman konsep sebelum tindakan 3 siswa (7,50%) dan setelah tindakan menjadi 31 siswa (77,50%), kreativitas dalam memanipulasi soal sebelum tindakan 2 siswa (5,00%) dan setelah tindakan menjadi 30 siswa (70,00%), sedangkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sebelum tindakan 5 siswa (12,50%) dan setelah tindakan menjadi 35 siswa (87,50%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Pemahaman, Matematika, Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 06 Nov 2009 08:40
Last Modified: 16 Nov 2010 04:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4540

Actions (login required)

View Item View Item