Astuti Sutaryono, Mega (2016) Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Pisa Melalui Penerapan Problem Based Learning (Ptk Siswa Kelas Xi Semester Genap Smk Muhammadiyah Kartasura). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (477kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang Masalah dalam penelitian ini dikarenakan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis PISA siswa kelas XI OC SMK Muhammadiyah Kartasura. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis PISA dengan subjek siswa kelas XI OC SMK Muhammadiyah Kartasura tahun ajaran 2015/2016 melalui strategi Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemecahan masalah berbasis PISA dilihat dari: 1. Menunjukkan pemahaman masalah berbasis PISA dari sebelum tindakan 5 siswa (22,73 %) setelah tindakan meningkat menjadi 13 siswa (59,09%) 2. Memilih pendekatan dan metode pemecahan masalah berbasis PISA secara tepat dari sebelum tindakan 3 siswa (13,64 %) setelah tindakan meningkat menjadi 13 siswa (59,09%) 3. Menyelesaikan masalah berbasis PISA dari sebelum tindakan 6 siswa (27,27 %) setelah tindakan meningkat menjadi 14 siswa (63,64%). Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika berbasis PISA. Kata Kunci: pemecahan masalah, pisa, problem based learning
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemecahan masalah, PISA, Problem Based Learning problem solving, PISA, Problem Based Learning |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | MEGA ASTUTI SUTARYONO |
Date Deposited: | 23 Mar 2016 03:42 |
Last Modified: | 23 Mar 2016 03:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/42433 |
Actions (login required)
View Item |