Clara Septiana, Anggrahiny (2016) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Student Team Achievement Division (STAD) Dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (786kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB 1.pdf Download (110kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Make A Match terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar siswa, (3) Pengaruh penggunaan bersama strategi pembelajaran dan keaktifan terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 1 Teras tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa, yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil yang diperoleh dari analisis data dengan taraf signifikansi α = 5% yaitu: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa. (3) Tidak terdapat interaksi strategi pembelajaran dan keaktifan terhadap hasil belajar siswa. The purpose of this study to determine: (1) Effects of the use of learning strategies Student Teams Achievement Division (STAD) and Make A Match against student learning outcomes, (2) The effect of the activity on student learning outcomes, (3) Effect of joint use of learning strategies and liveliness to student learning outcomes. This research is a quasi experimental. The population in this study were all students of class VII SMP Negeri 1 odd semester of the academic year 2015/2016 terrace. Samples taken in this study were 64 students, consisting of 32 students as an experimental class and 32 students as the control class. The sampling technique used was cluster random sampling. Data collection techniques through tests, questionnaires, and documentation. Data were analyzed using two-way analysis of variance with different cells. The results of the data analysis with a significance level α = 5%, namely: (1) There is a learning strategy influence on student learning outcomes. (2) There is a liveliness influence students' learning outcomes of students. (3) There is no interaction and liveliness learning strategies to student learning outcomes.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, make a match, stad. student activity, make a match, stad |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ANGGRAHINY CLARA S |
Date Deposited: | 15 Mar 2016 02:55 |
Last Modified: | 15 Mar 2016 02:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/42359 |
Actions (login required)
View Item |