Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Min Gabugan Sragen

Prasanti, Yani (2016) Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Min Gabugan Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. ARTIKEL PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (438kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (804kB)
[img] PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.yani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.yani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu studi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris melalui implementasi pembelajaran berbasis lingkungan. Penelitian dilaksanakan di MIN Gabugan Tanon Sragen dengan melibatkan kepala madrasah, guru, dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisa data menggunakan model interaktif(Interactive Model of Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis lingkungan meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris. Metode pembelajaran berbasis lingkungan menambah penguasaan kosakata siswa. Juga, meningkatkan kemampuan empat aspek berbahasa yaitu mendengar, membaca, menulis, dan berbicara. Berdasarkan temuan peneliti, direkomendasikan agar model pembelajaran berbasis lingkungan perlu terus ditingkatkan sosialisasi dan penggunaannya di Sekolah Dasar. Hal ini sebagai upaya untuk menunjang peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran bahasa Inggris, sehingga dapat menghasilkan siswa yang mempunyai kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Penelitian ini juga direkomendasikan sebagai sumbangan bagi penggunaan penelitian sejenis selanjutnya. Kata kunci : pengelolaan, pembelajaran, lingkungan, bahasa inggris

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pembelajaran, lingkungan, bahasa inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username q100130094
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:19
Last Modified: 25 Jan 2016 08:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40418

Actions (login required)

View Item View Item