Prasanti, Yani (2016) Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Min Gabugan Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. ARTIKEL PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (438kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (804kB) |
|
PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf Download (143kB) |
|
PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.yani.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.yani.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan suatu studi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris melalui implementasi pembelajaran berbasis lingkungan. Penelitian dilaksanakan di MIN Gabugan Tanon Sragen dengan melibatkan kepala madrasah, guru, dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisa data menggunakan model interaktif(Interactive Model of Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis lingkungan meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris. Metode pembelajaran berbasis lingkungan menambah penguasaan kosakata siswa. Juga, meningkatkan kemampuan empat aspek berbahasa yaitu mendengar, membaca, menulis, dan berbicara. Berdasarkan temuan peneliti, direkomendasikan agar model pembelajaran berbasis lingkungan perlu terus ditingkatkan sosialisasi dan penggunaannya di Sekolah Dasar. Hal ini sebagai upaya untuk menunjang peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran bahasa Inggris, sehingga dapat menghasilkan siswa yang mempunyai kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Penelitian ini juga direkomendasikan sebagai sumbangan bagi penggunaan penelitian sejenis selanjutnya. Kata kunci : pengelolaan, pembelajaran, lingkungan, bahasa inggris
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, pembelajaran, lingkungan, bahasa inggris |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with username q100130094 |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 08:19 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 08:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40418 |
Actions (login required)
View Item |