VALIANA, WHINI (2015) Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Pendidikan Islam Di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Pernyataan)
13. SURAT PERNYATAAN ARTIKELPUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (47MB) |
|
PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf Download (217kB) |
|
PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
|
PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
PDF (Bab VI)
7. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (37MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
12. NASKAH ARTIKEL PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (500kB) |
Abstract
SMA Muhammadiyah 3 Surakarta merupakan sekolah yang berbasis keislaman. Tujuan berdirinya SMA Muhammadiyah 3 Surakarta yaitu mencetak pribadi muslim yang mulia dan unggul. Untuk mencapai tujuan tersebut, kontribusi guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta sangat dibutuhkan. Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta telah menunjukkan kipralmya. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya kegiatan yang diselenggarakan, baik formal maupun nonformal. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan usaha-usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pendidikan Islam di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif Berdasarkan analisis data penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa guru SMA Muhammadiyah 3 Surakarta memiliki peran yang sangat penting dalam usaha meningkatkan pendidikan Islam. Usaha-usaha tersebut dilakukan dengan menyelenggarakan bentuk kegiatan pendidikan formal berupa kegiatan pembelajaran di kelas dan menyelenggarakan kegiatan pendidikan nonformal berupa kegiatan keagamaan dan ekstrakurikuler. Adapun faktor pendukung pelaksanaan pendidikan yang diselenggarakan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta berasal dari faktor pendidik yang mencukupi, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan Faktor penghambatnya berasal dari faktor peserta didik yang kurang memahami agama dan lingkungan keluarga dan masyarakat yang kurang memberikan pendidikan keagamaan terhadap siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 08:01 |
Last Modified: | 18 Dec 2015 08:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39995 |
Actions (login required)
View Item |