Muniroh, Hidayatul and , Drs. Ma‟arif Jamuin. M.Si and , Dr. Syamsul Hidayat. M.Ag. (2015) Kontribusi Pengasuh Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Al Ihsan Tanjungsari Ngesrep Ngemplak Boyolali Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (693kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (807kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I .pdf Download (266kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
Abstract
Menghafal al-Qur‟an merupakan hal yang tidak mudah. Dalam menyelesaikan hafalan 30 juz dibutuhkan waktu yang lama, ketekunan dan kesungguhan sangat diperlukan sekali, usaha keras, dan banyak problem yang dihadapi. Jika motivasi dan minat yang dimiliki santri lemah, maka problem tersebut akan menjadi faktor kegagalan dalam menghafal al-Qur‟an. Karenanya dibutuhkan sekali pengasuh yang bisa membantu untuk selalu memberi motivasi dan mengontrolnya secara terus menerus agar santri selalu menjaga hafalannya. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan kontribusi apa yang diberikan pengasuh untuk meningkatkan hafalan al-Qur‟an santri di Pondok Pesantren Al-Ihsan. Adapun manfaat penelitian ini sebagai sumbangan wawasan dan khasanah keilmuan mengenai kontribusi pengasuh dalam meningkatkan hafalan al-Qur‟an santri, sebagai referensi bagi penelitian sejenis, dan memberi masukan dan bahan pertimbangan bagi Pondok Pesantren Al-Ihsan dalam meningkatkan hafalan al- Qur‟an santri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, dan aktivitas sosial. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif, serta menggunakan metode induktif. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa kontribusi pengasuh dalam meningkatkan hafalan al-Qur‟an santri di Pondok Pesantren Al-Ihsan tidak hanya memberi motivasi, mentashih hafalan, memberikan tips cara cepat menghafal, memberikan tips menjaga hafalan, memberikan tips memahami isi al-Qur‟an, serta model pengasuhan setor hafalan baru (talaqqī), model menghafal Al-Qosimi dan Murāja„ah. Tetapi peneliti menemukan kontribusi lain yang diberikan oleh pengasuh yang belum ada pada teori yaitu kontribusi berupa konseling bagi santri yang kesulitan menghafal. Kontribusi dalam bentuk konseling tersebut sangatlah diperlukan untuk memberikan arahan dan solusi dalam memecahkan masalah yang dihadapi santri
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kontribusi Pengasuh, Hafalan Al-Qur’an, Santri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 11:25 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 02:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39890 |
Actions (login required)
View Item |