Rusmanto, Rusmanto and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2015) Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Keliling Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Metode Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas III Semester II Di SD Negeri Pakem 01 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
11. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (903kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
02. HALAMAN DEPAN.pdf Download (726kB) |
|
PDF (Bab I)
03. BAB I.pdf Download (208kB) |
|
PDF (Bab II)
04. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
|
PDF (Bab III)
05. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
PDF (Bab IV)
06. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
PDF (Bab V)
07. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
09. lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataaan Publikasi)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang melalui metode Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Pakem 01 yang berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, obeservasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan dalam pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa sebesar 57 % atau 13 siswa yang aktif dan pada siklus II sebesar 93 % atau 21 siswa yang aktif. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, metode pembelajaran problem based learning (PBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 02:50 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39622 |
Actions (login required)
View Item |