Rokhimah, Nur and , Drs. M. Yahya, M.Si (2015) Peningkatan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel Publikasi Nur Rokhimah.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
hal judul & daftar isi ptk 1.pdf Download (281kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
pernyataan pubilkasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
Abstract
Melalui berbagai kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan mampu menguasai kemampuan komunikasi dengan bahasa indonesia, baik secara lisantulis, maupun situasi resmi-tidak resmi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Dorokandang Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang yang berjumlah 30 siswa. Obyek penelitiannya adalah pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode role playing untuk mengetahui komunikasi pembelajaran siswa. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Data penelitian yang diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan untuk memperoleh data komunikasi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan analisis komparatif dan data penerapan metode pembelajaran role playing menggunakan analisis kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata komunikasi siswa dalam kelas mengalami peningkatan yaitu untuk pra siklus komunikasi siswa menunjukkan 48,43%, siklus I persentasenya sebesar 69,35% dan meningkat pada siklus II sebesar 82,96%. Dengan demikian pembelajaran melalui penerapan metode role playing dapat meningkatkan komunikasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guru hendaknya melakukan pembelajaran khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia bisa menerapkan metode role playing agar tercipta pembelajaran bahasa Indonesia yang aktif, inofatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa Indonesia, komunikasi, role playing |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 24 Nov 2015 04:04 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39590 |
Actions (login required)
View Item |