Hasti, Ratih Wulan and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2015) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Sukoharjo tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (838kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (438kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (574kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo; 2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di SMA Negeri 3 Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah 182 siswa, secara nyata dapat diidentifikasi dengan jelas, karena sifat dan identitas responden terdeteksi oleh manajemen sekolah. Sampel diambil sebanyak 119 siswa, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regrei diperoleh persamaan regresi: y = 75,469 + 0,078X1 + 0,178X2 yang artinya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh ketrampilan mengajar guru dan minat belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,571 > 1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,020, dengan sumbangan efektif sebesar 8,8%; 2) Ada pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,001 > 1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,048, dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 6,3%; 3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 10,330 > 3,074 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,151, sedangkan untuk jumlah prosentase pengaruh yang diberikan dari penelitian ini adalah sebesar 15,1% sedangkan 84,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa dan Hasil Belajar Ekonomi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 01:19 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39399 |
Actions (login required)
View Item |