Peningkatan Komunikasi Matematika Melalui Pendekatan Scientific Dengan Model Discovery Learning Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 24 Surakarta

PARLIANA, Panji (2015) Peningkatan Komunikasi Matematika Melalui Pendekatan Scientific Dengan Model Discovery Learning Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 24 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (370kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (181kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pendekatan scientific dengan model pembelajaran discovery learning. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 24 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 32 siswa terdiri dari 18 dan 14 perempuan . Metode pengumpulan data saat penelitian menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi matematika melalui pendekatan scientific dengan model discovery learning dengan indikator 1). Menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika sebelum 25% sesudah 65,63%, 2). Menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika sebelum 18,75% sesudah 62,50%, 3). Menjelaskan dan membuat pertanyaan tentang matematika yang dipelajari sebelumi 0,00% dan sesudah 75%. Dari tiap indikator terdapat peningkatan komunikasi matematika siswa dengan pendekatan scientific dengan model pembelajaran discovery learning siswa kelas VII A SMP Negeri 24 Surakarta tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi matematika, pendekatan scientific, discovery learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 Nov 2015 04:13
Last Modified: 11 Nov 2015 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39367

Actions (login required)

View Item View Item