Hasana, Zaeni and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2015) Analisis Kesalahan Soal-Soal Pada Lembar Kerja Siswa Matematika SMP Kelas IX Tahun Ajaran 2013/2014 (Ditinjau Dari Aspek Kognitif). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (43MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi Ilmiah.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
01. Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan penulisan, kesalahan perhitungan, kesalahan redaksional, kesalahan konsep yang termuat di dalam soal-soal matematika dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) mata pelajaran Matematika SMP kelas IX, dan (2) penyebaran aspek kognitif yang termuat di dalam soal-soal matematika dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) mata pelajaran Matematika SMP kelas IX. Data penelitian ini adalah LKS “Matematika 9” terbitan CV Sindunata. Data yang diteliti adalah soal pilihan ganda yang berada di bawah naungan Uji Kompetensi dan Ulangan Tengah Semester. Jumlah soal yang ditelitili sebanyak 240 butir soal. Jenis kesalahan soal yang diteliti: (1) kesalahan penulisan, (2) kesalahan perhitungan, (3) kesalahan redaksional dan (4) kesalahan konsep. Tingkatan aspek kognitif menurut Taksonomi Bloom yang telah direvisi yaitu: (1) remembering, (2) understanding, (3) applying, (4) analying, (5) evaluating dan (6) creating. Teknik pengumpulan digunakan teknik dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan soal yang terbesar adalah kelasahan redaksional dengan persentase 3,33% kemudian kesalahan penulisan, perhitungan dan konsep berturut-turut adalah 1,67%, 0% dan 0%. Sedangkan persentase distribusi aspek kognitif yang terbesar adalah applying sebesar 71,25% kemudian Remembering, understanding, analying evaluating dan creating berturut-turut adalah 6,25%; 8,33%; 7,5%; 0,83% dan 0,83%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa jenis kesalahan soal yang terbanyak adalah kesalahan redaksional dan lks ini layak namun tidak meratanya penyebaran aspek kognitif
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspek kognitif Taksonomi Bloom: remembering, understanding, applying, analying, evaluating and creating. Jenis Kesalahan Soal. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 04:02 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39364 |
Actions (login required)
View Item |