Maftukha, Siti and , Dra. Sri Gunarsih, SH., M.H. (2015) Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bangun Datar Melalui Penerapan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas III Semester II Di SDN Pangkalan Margoyoso Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (980kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (341kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI SKRIPSI.pdf Download (284kB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subyek yang diteliti aalah siswa kelas III pada SD Negeri Pangkalan Margoyoso Pati pada semester II Tahun Pelajaran 2014/ 2015 dengan jumlah 14 siswa dari 7 siswa laki – laki dan 7 siswa perempuan. Teknik analisi data yang digunakan statistic diskriptif yaitu distribusi frekuensi, mean, modus, skor minimal dan persentase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode inkuiri yang merupakan pendekatan pengajaran dimana siswa sendiri bebas memilih atau mengatur obyek belajarnya. Mulai dari penemuyan masalah, proses pengumpulan data, analisis sampai belajar eksperimentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika untuk pokok luas dan keliling bangun datar dapat meningkatkan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 57,14% menjadi 71,42% pada siklus I dan 100% pada siklus II, rata-rata belajar siswa juga mengalami peningkatan dari semula 60,35% menjadi 70,71% pada siklus I dan 78,91% pada siklus II. Nilai minimum yang semula 40 mengalami kenaikan menjadi 50 pada siklus I dan 65 pada siklus II. Berdasarkan penelitian di atas diharapkan agar dapat menggunakan metode inkuiri dalam proses pembelajarannya karena telah terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 03:08 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 01:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39335 |
Actions (login required)
View Item |