Peningkatan Partisipasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Strategi Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas V SD Negeri 09 Petarukan Pemalang Th Ajaran 2014/2015

Gamiarti, Ratih and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2015) Peningkatan Partisipasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Strategi Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas V SD Negeri 09 Petarukan Pemalang Th Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (343kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi Make a Match pada siswa kelas V SD Negeri 09 Petarukan Pemalang tahun ajaran 2014/ 2015. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek pemberi tindakan adalah guru (peneliti) dan subyek penerima tindakan adalah pada siswa kelas V SD Negeri 09 Petarukan Pemalang yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data yang digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar dan meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 09 Petarukan Pemalang. Adapun peningkatan indikator partisipasi belajar siswa Pada pra tindakan dari 19 siswa yang aktif mengerjakan soal sebanyak 10 siswa (52,6%), pada siklus I siswa yang terampil sebanyak 13 siswa (68,4%), dan pada siklus II terdapat 18 siswa (94,7%). Peningkatan hasil belajar rata-rata hasil belajar siswa meningkat yang pada pra siklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 57,4, pada siklus I meningkat menjadi 75,5, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,9. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi Make a Match dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 09 Petarukan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi belajar; strategi make a match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 09 Nov 2015 11:22
Last Modified: 10 Oct 2021 12:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39330

Actions (login required)

View Item View Item