Gunartini, Gunartini and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2015) Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Qius Team Pada Siswa Kelas IV Semester Gasal SDN 2 Sonorejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora Tahun 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (615kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (613kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (165kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk penelitian yang dilakukan peneliti adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui penerapan Quiz Team pada kelas IV semester 1 SDN 2 Sonorejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora Tahun 2015/2016 Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas karena peneliti berupaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui. melalui penerapan quiz team. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi siswa dan guru. Hasil yang dicapai dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui pembelajaran sebelum tindakan siswa yang mencapai indikator baru mencapai mempunyai nilai rata-rata 3,3% atau 5 siswa 59, kemudian pada siklus I keaktifan belajar siswa mencapai 72,08 dengan ketuntasan belajar 66,67%, dan pada siklus II keaktifan belajar siswa mencapai 87,71 dengan tingkat ketuntasan 93,33%. Maka melihat dari hasil penelitian tersebut, penggunaan metode metode quis team terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa tentang panca indera dan fungsinya mata pelajaran IPA pada kelas IV semester I SD 2 Sonorejo tahun pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan , hasil belajar, quiz team |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username a54h130011 |
Date Deposited: | 31 Oct 2015 07:32 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 00:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38669 |
Actions (login required)
View Item |