PAMUNGKAS, Charisma Bayu and , Drs. Suharjo, M.S (2015) Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Sub Tema Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulananya Bagi Siswa SMP Negeri 2 Colomadu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
09 NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (482kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
00 HAL DEPAN.pdf Download (872kB) |
|
PDF (BAB I)
01 BAB I.pdf Download (197kB) |
|
PDF (BAB II)
02BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
PDF (BAB III)
03 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
|
PDF (BAB IV)
04 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (967kB) |
|
PDF (BAB V)
05 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
06. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
07 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (39MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
000 SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antar proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif dengan proses pembelajaran menggunakan model konvensional serta penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP N 2 Colomadu, dengan mengembangkan produk media pembelajaran interaktif sub tema kerusakan lingkungan hidup. Model pengembangan ini mengacu pada Dick and Carrey yaitu dengan melakukan pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil pengembangan produk media melalui tahap validasi ahli, respon siswa dengan ratarata 3,22 yang di kategorikan baik, respon guru dengan rata-rata 3,00 yang di kategorikan baik, hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran, nilai ratarata kelas eksperimen yang mulanya 69,25 setelah menggunakan produk menjadi 75,88, sedangkang kelas kontrol 69,69 menjadi 75,06. Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaranpowerpoint dan kelas kontrol tanpa perlakuan produk.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, media pembelajaran, Hasil belajar siswa |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Unnamed user with username a610110010 |
Date Deposited: | 30 Oct 2015 11:44 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 07:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38644 |
Actions (login required)
View Item |