Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Sub Tema Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulananya Bagi Siswa SMP Negeri 2 Colomadu

PAMUNGKAS, Charisma Bayu and , Drs. Suharjo, M.S (2015) Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Sub Tema Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulananya Bagi Siswa SMP Negeri 2 Colomadu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
09 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (482kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
00 HAL DEPAN.pdf

Download (872kB)
[img] PDF (BAB I)
01 BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (BAB II)
02BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (BAB III)
03 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (BAB IV)
04 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] PDF (BAB V)
05 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
06. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
07 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
000 SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antar proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif dengan proses pembelajaran menggunakan model konvensional serta penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP N 2 Colomadu, dengan mengembangkan produk media pembelajaran interaktif sub tema kerusakan lingkungan hidup. Model pengembangan ini mengacu pada Dick and Carrey yaitu dengan melakukan pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil pengembangan produk media melalui tahap validasi ahli, respon siswa dengan ratarata 3,22 yang di kategorikan baik, respon guru dengan rata-rata 3,00 yang di kategorikan baik, hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran, nilai ratarata kelas eksperimen yang mulanya 69,25 setelah menggunakan produk menjadi 75,88, sedangkang kelas kontrol 69,69 menjadi 75,06. Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaranpowerpoint dan kelas kontrol tanpa perlakuan produk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, Hasil belajar siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with username a610110010
Date Deposited: 30 Oct 2015 11:44
Last Modified: 11 Oct 2021 07:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38644

Actions (login required)

View Item View Item