Kasminah, Kasminah and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd AUD (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Alat Peraga Papan Flanel pada Anak Kelompok B TK Asri Rowobungkul Ngawen Blora Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
PDF (Full Text)
FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui alat peraga papan flanel pada siswa TK B Asri Rowobungkul Kecamatan Ngawen kabupaten Blora. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B TK Asri Rowobungkul Blora. Pelaksanaan pembelajaran ini dengan menggunakan papan flannel yang lakukan dengan dua siklus pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan TK Asri Rowobungkul kecamatan Blora kabupaten Blora pada tahun pelajaran 2015/2016, khususnya di kelompok B. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa peserta didik TK Asri Rowobungkul Blora sebanyak 25 Anak. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan Membaca permulaan pada anak kelompok B TK Asri Rowobungkul, kecamatan Ngawen kabupaten Blora dapat ditingkatkan menggunakan media papan flannel. Hasil penelitian dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan membaca permulaan untuk kriteria baik pada setiap Siklusnya. Pada saat Pra siklus menunjukkan rata-ratahasil klasikal 51,50. Siklus I meningkat menjadi 71,90, sehingga mengalami peningkatan sebesar 20,40. Siklus II meningkat menjadi 90,50%, mengalami peningkatan kembali sebesar 18,60%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Permulaan Anak, Papan Flanel |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unnamed user with username a53i130004 |
Date Deposited: | 29 Oct 2015 05:25 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 06:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38437 |
Actions (login required)
View Item |