Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Nglebak Kecamatan Tawangmangu Tahun 2014/2015

Kuswandari, Selviana Sri and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2015) Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Nglebak Kecamatan Tawangmangu Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (466kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (563kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
SuratPernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pembelajaran tematik, implementasi pembelajaran tematik, proses pembelajaran tematik, pemahaman guru terhadap pembelajaran tematik dan menganalisis kendala pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri 02 Nglebak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi tunggal terpancang. Sumber data adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri 02 Nglebak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.. Teknik analisis data dengan analisis interaktif model. Hasil penelitian: 1)Desain pembelajaran tematik belum dilaksanakan sebagaimana mestinya, guru sudah menyusun jaring tema, silabus, dan RPP tematik. 2) Implementasi pembelajaran tematik belum terlaksana sebagaimana mestinya karena pembelajaran masih terpisah-pisah dan belum mengarah pada tema. 3) Proses pembelajaran tematik pada tahap perencanaan, sebagian RPP sudah menggunakan model RPP tematik tetapi masih terpisah-pisah. 4) Pemahaman guru terhadap pembelajaran tematik belum terpenuhi yang ditunjukkan dengan ketidaksesuaian jaring tema dengan indikator, proses pembelajaran dan penilaian yang masih terpisah-pisah serta desain pembelajaran yang belum mengarah pada terciptanya pembelajaran yang berpusat pada siswa. 5) Kendala pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri 02 Nglebak dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran tematik adalah kurangnya sosialisasi mengenai pembelajaran tematik serta keterbatasan alat peraga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tematik, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username a510110064
Date Deposited: 28 Oct 2015 10:36
Last Modified: 13 Oct 2021 02:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38368

Actions (login required)

View Item View Item