Kuswandari, Selviana Sri and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2015) Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Nglebak Kecamatan Tawangmangu Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (466kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (563kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB 1.pdf Download (104kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
SuratPernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pembelajaran tematik, implementasi pembelajaran tematik, proses pembelajaran tematik, pemahaman guru terhadap pembelajaran tematik dan menganalisis kendala pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri 02 Nglebak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi tunggal terpancang. Sumber data adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri 02 Nglebak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.. Teknik analisis data dengan analisis interaktif model. Hasil penelitian: 1)Desain pembelajaran tematik belum dilaksanakan sebagaimana mestinya, guru sudah menyusun jaring tema, silabus, dan RPP tematik. 2) Implementasi pembelajaran tematik belum terlaksana sebagaimana mestinya karena pembelajaran masih terpisah-pisah dan belum mengarah pada tema. 3) Proses pembelajaran tematik pada tahap perencanaan, sebagian RPP sudah menggunakan model RPP tematik tetapi masih terpisah-pisah. 4) Pemahaman guru terhadap pembelajaran tematik belum terpenuhi yang ditunjukkan dengan ketidaksesuaian jaring tema dengan indikator, proses pembelajaran dan penilaian yang masih terpisah-pisah serta desain pembelajaran yang belum mengarah pada terciptanya pembelajaran yang berpusat pada siswa. 5) Kendala pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri 02 Nglebak dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran tematik adalah kurangnya sosialisasi mengenai pembelajaran tematik serta keterbatasan alat peraga.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tematik, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username a510110064 |
Date Deposited: | 28 Oct 2015 10:36 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 02:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38368 |
Actions (login required)
View Item |